Hallo hallo *ala SHINee*…………..

Hai guys.. adakah yang kangen sama saya????? *hehehe.. balik lagi .. kali ini saya mau ngasih postingan yang bermanfaat tapi gag penting untuk kalian… apakah itu???

TADDDAAA !! PIRIT

adakah yang tau ??

Awal mula saya tau pirit adalah saat saya membaca sebuah novel berjudul “Beauty and The Best” adakah yang pernah membaca novel ini??? novel ini ditulis oleh salah satu novelis favorit saya yaitu, Luna Torashyngu. Penasaran dengan ceritanya???, nih aku kasih sinopsis ringkas buat kalian..

Ceritanya itu berawal dari seorang siswi SMU kelas 3, IRA bersiap menghadapi ujian *ih, mirip banget ya.. kayak gue (abaikan)* yang kelimpungan karena harus membagi waktu antara sekolah dengan bekerja sebagai model yang terkenal. Namun, ada seorang siswi yang meremehkan Ira, bernama Kelly dan berkata bahwa nantinya seorang yang hanya hanya bermodal tampang (read: Ira) tidak akan bisa masuk di Universitas yang memiliki passing great tertinggi, Kelly pun juga menantang Ira untuk bertaruh dengannya, siapa yang dapat masuk di Uiversitas dengan passing great tertinggi yang akan menang dan menuruti permintaan dari pemenang, semuanya jadi ruwet ditambah dengan masalah COWOK. Pacar Ira yang ketahuan selingkuh bikin Ira tambah stress buat menghadapi masalahnya. Hingga ia meminta bantuan Aldo, teman sekelasnya yang sempat dicap kuper dan culun tapi berotak encer yang berbeda dengan Ira yang hanya mampu mendapat kursi terbalik (dibaca: 4) saat ulangan pelajaran eksak untuk membuatnya menjadi siswi yang pintar. Awalnya, sahabat-sahabat Ira yang tidak setuju kalau Ira bergaul dengan Aldo. Kebersamaannya dengan Aldo lah yang membuat Ira melupakan rasa patah hatinya dan membuka hati untuk Aldo… end saat berada di museum tempat ayah Aldo bekerja, Aldo memberikan kalung keberuntungan untuk Ira, yang berliontinkan sebuah serpihan logam berwarna emas(dari sini saya taunya pirit). Stop…!! Endingnya kalian bisa tebakkan?? Walaupun sempet terjadi kesalah pahaman dengan Aldo, Ira dapat menyelesaikan semua masalah dengan sahabat-sahabatnya dan juga masalah dihatinya(abaikan bahasa saya yang sedikit GALAU ini).

Back to topic.. sebenernya seperti apa sih pirit itu.??? So, check this out… baca rangkuman yang berhasil saya dapetin dari usaha saya untuk mangkir dari belajar fisika dan malah menjelajah di dunia maya(don’t try at home, kid!!)😛

PIRIT

          Pirit atau disebut juga besi sulfide ( FeS2 ) mempunyai kristal isometrik yang pada umumnya terlihat atau nampak dan bentuknya seperti dadu atau kubus dan di sebut juga striated ( garis sejajar pada permukaan kristal ). Pirit mempunyai kekerasan 6-6.5, dan mempunyai bobot jenis 4.95-5.10.ima). Pirit pada umumnya mempunyai warna emas pucat.

Pirit menyingkapkan kepada lingkungan selama pekerjaan tambang dan penggalian bereaksi dengan oksigen dan air untuk membentuk asam belerang, menghasilkan pengeringan tambang asam. Ini diakibatkan oleh reaksi bakteri Thiobacillus, yang menghasilkan energi mereka dengan penggunaan oksigen untuk mengoxidasi besi yang mengandung besi ( Fe2+) ke besi/ ferric ( Fe3+). Besi yang ferric pada gilirannya bereaksi dengan pirit untuk menghasilkan asam belerang dan mengandung besi. Besi yang mengandung besi kemudian adalah tersedia untuk oksidasi oleh bakteri; siklus ini dapat berlanjut sampai pirit ini  tuntas bereaksi.

Pirit dalam penggunaannya untuk produksi dioksida belerang, untuk industri kertas, dan di (dalam) pembuatan asam belerang, meskipun demikian . seperti itu aplikasi  sedang merosot seturut arti pentingnya. Pirit dapat menunjukkan hambatan negatif dan sudah secara eksperimen menggunakan sirkuit getaran sebagai detektor radio .

Pirit terdiri dari unsur FeS2, satu besi dan belerang 2. Pirit digunakan secara komersial untuk produksi sulfur dioksida, untuk digunakan dalam aplikasi seperti industri kertas, dan dalam pembuatan asam sulfat, meskipun aplikasi tersebut menurun penting. Pirit sering bingung dengan Marcasite mineral, nama yang diambil dari kata Arab untuk pirit, karena karakteristik serupa mereka. Marcasite adalah polimorf dari pirit, yang berarti memiliki rumus yang sama seperti pirit tetapi struktur yang berbeda dan, oleh karena itu, simetri yang berbeda dan bentuk kristal. Bravoite adalah berbagai nikel Pyrite tetapi tidak diakui secara resmi minera, dan ini dinamai ilmuwan Peru Jose J. Bravo (1874-1928).

Meskipun pirit adalah umum dan mengandung persentase yang tinggi dari besi, itu tidak pernah digunakan sebagai sumber signifikan dari besi. Oksida besi seperti hematit dan magnetit, adalah bijih besi primer Pirit ini tidak ekonomis karena bijih-bijih mungkin karena kecenderungan mereka untuk membentuk konsentrasi yang lebih besar dari materi lebih mudah ditambang. Pirit akan menjadi sumber potensial dari besi jika bijih harus menjadi langka.

Menurut Judy Hall Crystal dalam bukunya, Pirit adalah:

  • Sebuah perisai yang sangat baik energi – energi negatif dan melawan polutan
  • Membantu dalam perencanaan bisnis dan diplomasi
  • Membantu pria dan wanita yang merasa rendah diri (berharap itu tidak mencerminkan pada saya!)
  • Mempercepat aktivitas mental dan meredakan melankolis

Ini nih wujud dari pirit!!!

Bener-bener kayak emas ya …

Sangat mengagumkan J

Kayak emas batangan, hehe😀

hehe… wah., ternyata dunia kaya ya dengan mineral-mineral kayak pirit ini… sebagai anak muda wajib tau nih…🙂

oke deh .. sekian ya postingan saya kali ini semoga bermanfaat untuk semuanya..

see ya…..